Apa yg Harus Dilakukan Jika Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Author Administrator | Date 2021-11-26 21:12:50 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Sepeda motor dengan teknologi injeksi sudah banyak dijual di pasaran. Dengan teknologi yang makin canggih, pengendara motor dimudahkan dengan berbagai fitur. 

Salah satunya fitur indikasi bahan bakar, dimana berfungsi memberikan informasi kepada pengendara kapan harus mengisi bahan bakar motornya.

Berkat fitur tersebut, pemilik tidak perlu repot membuka tangki BBM hanya untuk memastikan sisa bahan bakar yang tersedia. Semuanya bisa dipantau melalui indikator yang ada pada panel speedometer. 

Hanya saja terkadang pemilik motor mengabaikan indikator tersebut, akibatnya harus rela mendorong karena kehabisan bensin. Masih banyak juga yang beranggapan motor injeksi yang kehabisan bensin akan merusak sistem ijeksinya.

Namun menurut Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya menjelaskan, anggapan tersebut tidak benar. Paling penting saat motor injeksi kehabisan bensin adalah ketika menyalakan kembali setelah diisi.

"Itu tidak benar, secara teknis kalau kehabisan bensin ya motornya nggak bisa nyala. Yang menjadi perhatian adalah setelah diisi bensin lagi," kata Dwi belum lama ini. Dwi mengatakan, setelah kehabisan bensin dan mengisinya kembali, ada langkah yang harus dilakukan agar fuel pump bekerja normal kembali. Pompa bensin yang bekerja secara normal akan menghasilkan tekanan bensin yang standar sehingga motor dapat dinyalakan kembali.

"Karena kalau sudah diisi bensin tentunya bensi tidak akan langsung masuk ke fuel pump. Cara untuk mempercepat kerja fuel pump agar kembali normal adalah kita putar kunci on-off beberapa kali sampai terdengar bunyi fuel pump-nya, baru kita nyalakan motornya," kata dia. 

Hal yang sama juga dikatakan oleh pemilik bengkel spesialis matik Naranata Motor Joko Purnomo. Menurut Joko, saat motor injeksi kehabisan bahan bakar akan ada udara yang masuk. Maka udara tersebut harus dikeluarkan dulu agar mesin bisa kembali menyala.

"Saat motor injeksi kehabisan bensin udara akan masuk ke injektor, maka udara harus dikeluarkan terlebih dahulu. Caranya dengan memutar kunci kontak on-off sebanyak lima kali," katanya. 

Jadi, para pemilik motor injeksi tidak perlu panik berlebihan jika mengalami hal tersebut. Hanya saja, saat menyalakan pertama kali harus menunggu fuel pump bunyi terlebih dahulu.

 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Bagaimana Pengaruh Sering Gonta Ganti Bahan Bakar Pada Mesin

Baca Selengkapnya

Konon Desain Honda Vario 160 Bakal Lebih Keren

Baca Selengkapnya

Aturan Penggolongan SIM C, CI dan CII Kapan Mulai Berlaku?

Baca Selengkapnya

Mengapa Motor Baru Tidak Lagi Gunakan Kick Starter

Baca Selengkapnya