Aturan Penggolongan SIM C, CI dan CII Kapan Mulai Berlaku?

Author Administrator | Date 2022-01-23 21:32:58 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Seperti diketahui, Surat Izin Mengemudi (SIM) jadi syarat wajib masyarakat kalau mau bawa motor. Sebelumnya beredar informasi jika akan ada penggolongan SIM C.

Yup, SIM C akan dipecah menjadi 3 golongan, yakni SIM C, SIM CI dan SIM CII. Dikabarkan kalau penggolongan SIM C akan berlaku mulai bulan Agustus 2021 lalu. Namun sampai akhir November ini, penggolongan SIM C belum juga diterapkan polisi.

Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021, tentang Penerbitan dan Penandaan SIM juga sudah ditebitkan pada Februari 2021 lalu. Selain penggolongan, Perpol tersebut juga memuat tentang pencabutan SIM.

Nantinya, setiap pemotor yang melanggar lalu lintas akan diberikan poin. Dalam Perpol No 5 Tahun 2021, Pasal 3 ayat (1) dijelasakan bila SIM yang diterbitkan terdiri dari, SIM Kendaraan Bermotor Perseorangan, SIM Kendaraan Bermotor Umum, dan SIM Internasional.

Lantas sudah sejauh apa update terbaru soal pencabutan SIM dan penggolangan SIM CI dan SIM CII? Menanggapi hal itu, Kasubdit SIM Korlantas Polri Kombes Pol Djati Utomo mengatakan hingga kini masih dalam proses.

"Pencabutan dan penggolongan SIM C1 dan C2 masih dalam pembahasan penyusunan. Nanti akan kami infomasikan kembali," kata Djati, Minggu (28/11/2021).
SIM C akan dibedakan berdasarkan kapasitas mesin motor yang dikendarai.

Setiap golongan SIM C memiliki perbedaan fungsi dan persyaratan. Berikut perbedaan tiga golongan baru SIM C yang dikutip hari ini, Senin, 2 Agustus 2021, dari Perpol Nomor 5 Tahun 2021:

1. SIM C

Berlaku untuk mengemudikan sepeda motor dengan kapasitas sampai 250 cc.

2. SIM CI

Berlaku untuk mengemudikan motor berkapasitas di atas 250 cc (centimeter cubic) sampai 500 cc, atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

3. SIM CII

SIM ini berlaku untuk mengemudikan sepeda motor di atas 500 cc atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

4. SIM D

Berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis kendaraan khusus bagi Penyandang Disabilitas yang setara dengan golongan SIM C.

Persyaratan Usia
Dalam Perpol Nomor 5 Tahun 2021 Pasal 8 disebutkan bahwa untuk memenuhi penerbitan SIM C, SIM CI, dan SIM CII, pemohon harus memenuhi ketentuan usian paling rendah, sebagai berikut:

- SIM C minimal berusia 17 tahun
- SIM CI minimal berusia 18 tahun
- SIM CII minimal berusia 19 tahun
 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Melonjak 40% pada 2021, Sepeda Motor Honda Ditargetkan Terjual 4,2 Juta Unit pada 2022

Baca Selengkapnya

Cara Tarikan Motor Skutik Jadi Makin Ngacir

Baca Selengkapnya

Ekspor Motor Dari Indonesia Naik, Tipe Skutik Ini Yang Paling Laku ke Mancanegara

Baca Selengkapnya

Tips Mudah Membuat Body Motor Yang Kusam Menjadi Kinclong Mengkilap

Baca Selengkapnya