Begini Cara Kerja Mesin Motor Injeksi

Author Administrator | Date 2022-07-07 18:37:50 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih, tak terkecuali di bidang otomotif. Kini kendaraan motor pun sudah dilengkapi teknologi Injeksi. Teknologi ini diketahui berkembang sejak tahun 2011 silam. Lantas, bagaimana cara kerja motor mesin injeksi? Berikut ini penjelasannya.

Diketahui, Injeksi adalah suatu metode pencampuran antara bahan bakar dan udara di kendaraan bermotor guna menciptkan pembakaran sempurna. Untuk menyuplai pencampuran bahan bakar dan udara, Injeksi ini butuh perangkat Injector. 

Teknologi Injeksi ini menjadi teknologi lanjutan sistem karburator di kendaraan bermotor. Untuk selengkapnya, mari simak berikut ini cara kerja motor mesin injeksi yang perlu diketahui yang dikutip dari sejumlah sumber.

Cara Kerja Motor Mesin Injeksi

Diketahui, sistem karburator kendaraan butuh settingan yang tepat. Hal ini berguna agar bisa memperoleh percampuran yang optimal di sistem injeksi antara bahan bakar dan udara atau yang dikenal dengan nama AFR (Air-Fuel Ratio).

Sistem injeksi ini juga sudah terprogram dalam komputer untuk memperoleh AFR dengan rasio lebih optimal. Agar rasio AFR yang diperoleh bisa optimal, perlu injektor perangkat elektronik, yang mana ini berfungsi untuk mengontrol kerja injektor. Sistem kerja ini dikenal juga dengan nama ECM atau Electronik Control Module.

Electronik Control Module ini mempunyai settingan sesuai pabrik. Secara otomatis, ECM akan mengontrol ukuran bahan bakar maupun udara yang pasa untuk kondisi cuaca tertentu.

Jika motor injeksi dibekali sensor udara, nantinya sensor inilah yang akan membantu ECM menghitung AFR yang sesuai berdasarkan kebutuhan mesin maupun udara sekitar mesin. Setelah mengetahui cara kerjanya, mari simak juga berikut ini beberapa kelebihan mesin injeksi.

Jadi, mesin injeksi ini memiliki kelebihan yang membantu mendapatkan pembakaran yang lebih sempurna, konsumsi BBM lebih irit, tak perlu repot-repot melakukan penyetelan, dan tak perlu melakukan service.

Selain kelebihannya, mesin injeksi juga rupanya memiliki sejumlah kekurangan. Adapun kekurangannya yaitu ketersediaan bengkel umum untuk servis injeksi masih minim, harga yang cenderung mahal, sulit untuk modifikasi, dan sensitif pada perangkat kelistrikan.

Demikian sedikit ulasan tentang cara kerja mesin motor injeksi, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Dapat Mempersulit Aksi Maling

Baca Selengkapnya

Barang-Barang yang Jangan Disimpan di Bagasi Jok Motor

Baca Selengkapnya

Masalah Motor Sulit Distarter Bukan Cuma Karena Masalah Aki

Baca Selengkapnya

Tips Baca Maps Sambil naik Motor Tanpa Nyasar

Baca Selengkapnya