Masalah Motor Sulit Distarter Bukan Cuma Karena Masalah Aki

Author Administrator | Date 2022-07-07 16:15:47 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Menempuh perjalanan ke kampung halaman dengan jarak dekat, merayakan Lebaran bersama keluarga dapat ditempuh dengan sepeda motor. Meski dekat dan tidak memakan waktu lama, saat perjalanan mudik menggunakan motor tidak luput dari permasalahan yang mendera. 

Motor yang sulit di starter adalah permasalahan yang kerap terjadi pada kendaraan roda dua. Kondisi ini membuat pemilik kendaraan sulit menghidupkan motor kendati tombol starter telah ditekan berkali-kali. Untuk memperbaiki permasalahan ini, hendaknya mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan ada banyak penyebab motor yang sulit distarter. Penyebab yang umum adalah komponen aki motor yang bermasalah. “Aki yang sudah lemah tidak akan mampu menyuplai listrik dengan maksimal. Cara mengetahuinya dengan menekan tombol klakson, atau lampu sein. Kalau tidak berfungsi maksimal sudah dipastikan akinya soak,” kata Ribut. 

Agar starter motor bisa menyala, daya aki yang dibutuhkan untuk memutar kruk as minimal 11 vol. Jika daya aki di bawah angka tersebut tidak akan bekerja secara maksimal.

Kemudian faktor lainnya adalah kerusakan pada kabel pada komponen kabel dan soket di dalam bodi motor. Umumnya kerusakan ini disebabkan karena korsleting atau putus karena gigitan tikus. 

Kerusakan pada dinamo starter juga bisa jadi penyebab motor sulit di starter. Meksi faktor ini jarang terjadi, namun usia pakai pada kendaraan dapat mempengaruhi kinerja dinamo starter. 

Jika komponen ini sudah mengalami kerusakan, pemilik kendaraan harus melakukan perbaikan ke spesialis dinamo atau mengganti dengan yang baru. Komponen lain yang bisa menjadi penyebab motor sulit distarter adalah busi yang sudah lemah.

“Busi yang usang memiliki waktu yang lebih sulit untuk menciptakan percikan api. Jadi, jika kepala busi (elektroda) sudah aus dan kotor, maka percikan api juga pasti lemah,” kata Ribut. 

Bagi motor manual yang menggunakan kick starter, cara mengeceknya adalah dengan melepas busi, lalu tutup lubang busi dengan ibu jari. Kemudian lakukan starter menggunakan kick starter. 

Apabila tekanan pada kick starter terasa los, berarti ada kebocoran di kompresi motor. Kondisi tersebut bisa karena klep-nya bocor atau ring piston dengan dinding silinder ada kebocoran juga.
 

Sudah Gak Jaman Jual Motor Pake Ribet. Sekarang Bisa Jual Online Lewat Moped. Cepat, Aman dan Dapat Harga Terbaik. 

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Dapat Mempersulit Aksi Maling

Baca Selengkapnya

Barang-Barang yang Jangan Disimpan di Bagasi Jok Motor

Baca Selengkapnya

Masalah Motor Sulit Distarter Bukan Cuma Karena Masalah Aki

Baca Selengkapnya

Tips Baca Maps Sambil naik Motor Tanpa Nyasar

Baca Selengkapnya