Sering Muncul pada Motor Honda, Apa Arti Dari PGM-FI?

Author Administrator | Date 2021-11-26 12:07:04 | Category Info OTO
Bagikan artikel ini

Pemilik motor Honda tentu tidak asing dengan istilah PGM-FI. Tulisan atau emblem ini menempel pada motor Honda. Tapi tahukah, ternyata teknologi ini sudah ada sejak tahun 1993.

Pada tiap peluncuran model baru, Honda kerap menyebut-nyebut nama Programmed Fuel Injection (PGM-FI) sebagai teknologi unggulan. Saat ini seluruh line up Honda khususnya di tanah air telah memakai teknologi ini.

Pemilik sepeda motor Honda pasti tidak asing dengan istilah ini. Pasalnya emblem PGM-FI menempel pada motor Honda. Tidak hanya sekedar stiker, tulisan ini sekaligus menegaskan bahwa Honda punya teknologi yang mampu menjaga kualitas udara.
Jadi apa itu PGM-FI? Tim Technical Service Function (TSF) main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) mencoba menjelaskan.

MotoGP

Menilik sejarahnya, teknologi yang sudah mengantongi EURO 3 telah digunakan Honda Co., Ltd sejak 1993 dalam ajang balap bergengsi GP500 lewat motor sport legendaris Honda NSR500V.

Kala itu, mesin balap dengan tipe 2 stroke dirubah dengan tipe 4 stroke sesuai regulasi balap dan teknologi inipun disematkan pada Honda RC211V hingga kini. Dengan teknologi inilah mengantarkan Honda beberapa kali meraih titel juara dunia MotoGP.

Honda lalu melakukan pengembangan. Akhirnya pada 2005, PT Astra Honda Motor (AHM) mulai menerapkan teknologi ini pada tipe cub Honda Supra X125. Tonggak sejarah ini menjadi cikal pensiunnya sistem karburator diseluruh line up Honda di Indonesia.

Penerapan PGM-FI juga berdampak pada banyak faktor mulai dari performa, keiritan penggunaan BBM, hingga perawatan yang semakin mudah. "Tidak hanya irit, PGM-FI ini juga mudah perawatan dan semakin smart karena ditopang dengan deteksi kerusakan internal pada sistem PGM-FI. Kini perawatan dan deteksi gangguan semakin mudah dan tentunya presisi dalam penanganan perbaikan," paparnya.

Sistem PGM-FI

Menurut Wahyu sistem PGM-FI, yang mencakup sensor Throttle Position, Air temperature, Intake Pressure, Enginde Temperature, Engine Speed, Exhaust Gas O2, dan Concentration, diteruskan pada ECM Control (ignition timing, Fuel Injection Timing, Fuel Quantity). Hal ini kemudian menghasilkan partikel bahan bakar lebih kecil dan homogen dengan udara, sehingga terbakar dengan sempurna.

"Keuntungannya mesin lebih mudah dihidupkan meski dingin dan dalam jangka waktu yang lama tidak dinyalakan," jelasnya. Soal perawatan pun jadi lebih mudah. Injector, throttle body dan fuel pump tidak perlu dibersihkan secara berkala, cukup penggantian saringan bensin setiap 48.000 KM. PGM-FI juga mampu mendeteksi kerusakan melalui indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp).

Kedipan MIL

MIL terdapat di area konsul speedometer dan akan berkedip sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI Honda. Melalui MIL pula diketahui beberapa kerusakan, yang ditandai dengan jumlah kedipan. Misalnya 1 kedipan Manifoldn Absolute Pressure, 7 kedipan Engine Oil Temperature/Engine Coolant Temperature, 8 kedipan Throttle Position, dan 9 kedipan Intake Air Temperature.

Untuk jumlah kedipan lebih banyak, seperti 12 kedipan pertanda terjadi masalah pada Injector, lalu 21 kedipan O2 sensor, 29 kedipan idle air control valve (IACV), 33 kedipan Engine Control Module ECM, dan 54 kedipan bank angle sensor. "Semoga info ini dapat bermanfaat bagi konsumen sekaligus menyatakan keseriusan Honda dalam menciptakan produk yang rumah lingkungan," tutup Wahyu.

 

Solusi Jual Motor Cepat dari Moped

Sekarang Riders tidak perlu repot dan berlama-lama lagi kalau mau jual motor solusinya lewat moped. Karena lewat moped sekarang jual motor sangat mudah hanya butuh sejam langsung laku langsung dibayar.

Daripada repot-repot dan lama-lama harga motor brosis makin turun, ayo segera klik Jual Motor di Moped.id, Bebas biaya, harga transparan. #DariRumahAjaBisa.

Artikel terbaru kami

Bagaimana Pengaruh Sering Gonta Ganti Bahan Bakar Pada Mesin

Baca Selengkapnya

Konon Desain Honda Vario 160 Bakal Lebih Keren

Baca Selengkapnya

Aturan Penggolongan SIM C, CI dan CII Kapan Mulai Berlaku?

Baca Selengkapnya

Mengapa Motor Baru Tidak Lagi Gunakan Kick Starter

Baca Selengkapnya